Spesifikasi dan Tip Cara Memilih Oli Samping Terbaik Untuk Motor 2 Tak

Oli Samping Merupakan Salah satu Kebutuhan Wajib Bagi para pemiliki Motor 2 troke Atau yang lebih kita Kenal Dengan Motor 2 Tak ( 2 T ). Makanya ada Banyak sekali Orang yang Membahas Tentang Bagaimana Cara Memilih Oli samping Yang Bagus Untuk Motor Mereka. Tak Jarang Kalau kita sedang Jalan Jalan Di Forum Otomotif Kita Akan Menemukan Banyak rekomendasi Tentang Merk dan Jenis Oli Samping Yang Memang Bagus Untuk MOtor 2 T kita. Nah Terlepas dari itu semua Sekarang Saya Berikan Panduan Bagaimana sih rahasia Memilih Oli samping Yang cocok Untuk Motor kita. Simak terus Panduan ini bersama Modifikasimu.com

Spesifikasi Kualitas Merk Oli Samping Terbaik dan Cara Memilih Untuk Mesin Motor 2 Tak Rx King Ninja FIZR dan Lainya


Dari Sekian Banyak Spesifikasi dan Standard oli Ada Beberapa Item Penting Untuk Menentukan Apakah Oli samping itu bagus atau tidak untuk motor 2 tak kita, beberapa Diantaranya adalah Standard Susu, Kandungan Oli dan Juga Standard Kekentalan Oli Itu sendiri. Nah Sebelum Kita Membahas Tentang Apa oli samping terbaik untuk ninja r, oli samping terbaik untuk rx king, oli samping terbaik untuk f1zr, daftar harga oli samping, oli samping yang wangi, oli samping idemitsu, oli samping eneos. harga oli samping motul dan Banyak Lagi Lainya Yuk Kita Bahas Apa Sih Standarisasi Untuk Menentukan Kualitas Baik Buruknya Oli Samping Untuk Motor 2 Tak ini. Berikut Penjelasanya Dari ModifikasiMu.Com

Standard Spesifikasi Oli Samping Motor 2 Tak Di Dunia

Umumnya Untuk menentukan Kualitas suatu oli samping kita Biasa Melihat 4 Standar Yaitu : Standard JASO, SAE, API dan ISO Nah Untuk Lebih Jelasnya Aka Kami Jelaskan satu satu dibawah ini

1. Standard JASO ( Japanese Automobile Standards Organization )

Jaso Merupakan Standard Pengujian Oli yang Diberlakukan di negara Sakura Jepang. Biasanya Spesifikasi Ini dipakai Untuk Oli samping 2 Tak Maupun Oli Samping Motor 4 Tak.  Secara Umum Ada 2 tingkatan yang menentukan standard JASO dari Jepang ini Yaitu :
a. JASO FD : standard ini merupakan standard Oli samping tertinggi di jepang
b. JASO FC : ini standard Nomer 2
c, JASO FB : Spesifikasi Oli dibawah FC ( Nomer 3 )
d. JASO FA : Standard Oli samping ini Sudah Tidak Digunakan

2. STandard SAE ( Society of Automotive Engineers )

Standar ini biasanya Mengukur Masalah Kekentalan Oli atau yang lebih sering disebut sebagai Viskositas. Cara Mengeceknya Mudah Saja Yaitu Semakin Besar Anda Indeks yang ada Maka Semakin Kental Oli Samping Itu Sendiri. Nah Untuk Jenis Sertifikat ini ada 2 Kelompok Yaitu :
a. MultiGrade SAE
Untuk Oli Jenis ini Biasanya Memiliki tingkat Kekentalan ganda yang bergantung pada Panas dinginya Suhu. Biasanya Kalau Pas Suhu Panas Oli Samping ini akan Mengental dan Kalau Pas Musim Dingin Akan Mengencer. contohnya Gini : Misalnya Ada Oli samping Dengan Standar SAE 40 Maka Ini Berarti kalau Susu Pas Tinggi Maka Kekentalanya 40 Sedangkan kalau Pas Musim Dingin ( Winter ) Maka Kekentalanya Seperti Biasa jadi Tingkat 10
b. Monograde SAE
Kalau Jenis Ini lebih mudah Membacanya karena Cuma Tunggal Kekentalanya Misalnya Kalau SAE20 ya Tingkat kekentalanya 20 Kalau SAE10 Maka Kekentalanya Ya 10

3. Standard API ( American Petrolum Institute )

Oli Samping Berstandar APi biasanya Digunakan Hampir di Seluruh Amerika dan Eropa. Aturan Dari API ini ditujukan Untuk Semua Jenis Mesin Dimulai Mesin 2 Langkah, 4 langkah Maupun Mesin Diesel. Secara Umum Oli Yang Berstandard API harus lulus Uji Oksidasi Oli, Anti Karat, Korosi, Kontrol Deposit, Daya Lumas Dan Keausan mesin. Sedangkan Standar Tambahan Biasanya diberikan Untuk OLi samping Yaitu Tes Kandungan Abu, Pre-ignition dan Juga Uji Detergency. Nah Untuk Lebih Jelasnya Silakan Langsung Cek Tingkatan Standard API untuk Oli samping Dibawah ini
a. Standard API TD : Kelas tertinggi
b. Standard API TC : Kelas Nomer 2
c. Standard API TB : Kelas Nomer 3
d. Standard API TA : Sudah Kadaluwarsa dan Tidak Dipakai
Nah Untuk Spesifikasi Oli Samping MOtor Mesin 2 Tak Sebaiknya Pakai Minimal Yang memiliki Kualitas Standard API TC Keatas

4. Standard ISO ( International Standards Organization )

Standar iso ini lebih banyak dikenal di negara eropa dan dipakai untuk mengelola banyak aturan tentang berbagai jenis oli mesin. dan Beberapa Spesifikasinya adalah :
a. ISO - LEGD : Ini Sekelas Dengan JASO FD
b. ISO - LEGC : Ini Sekelas Dengan JASO FC
c. ISO - LEGB : Ini Sekelas Dengan JASO FB
Nah Untuk anda Yang pengin beli Oli samping Motor 2 Tak Silakan Pastikan Sudah Berstandard Minimal ISO - L- EGC Keatas.

Gimana sudah Paham Kan Cara Memehami Spesifikasi Oli samping Yang Baik dan Buruk Untuk Motor 2 Tak Kita ? Nah Sekarang Kita Cek Bagaimana cara Memilih Jenis Oli Samping Yang Cocok Untuk Motor 2 T. simak Penjelasanya Dibawah ini

Cara Memilih Oli samping Terbaik Untuk Mesin Motor 2 Tak Sebenarnya Cukup Mudah karena kita hanya perlu mengamati Beberapa Faktor dan Standar kualitas Oli itu Sendiri. Langkah Paling mudah adalah Menyamakan Standard oli samping Dengan Standard yang diberikan Oleh Pabrik Sepeda Motor Kita. Nah Kalau Pengin Mendapatkan Handling dan Tarikan Yang Baik Silakan Ikuti Panduan Bagaimana Cara Memilih Oli samping yang baik Untuk Motor anda Dibawah ini

Panduan Lengkap Cara Memilih Oli samping Terbaik Untuk Mesin Motor 2 Tak

1. Pastikan Anda tahu Standard Kualitas Minimal Oli dari Pabrik Untuk Motor anda
2. Pahami Spesifikasi Oli Samping Terbaik Untuk Motor anda. Silakan Baca Lagi Di Halaman Awal Tentang Spesifikasi Oli dari Seluruh Dunia
3. Sesuaikan Dengan Pemakaian Anda. Kalau Misalkan MOtor anda Harian Silakan Pakai OOli Motor yang memang Untung Harian. Kalau Untuk Balapan Silakan Pakai Oli samping Motor 2 Tak Yang racing.
4. Jangan Mencampur 2 Atau Lebih Oli samping dalam 1 Motor. Mengapa kita tidak Disarankan Untuk Mencampur 2 merk Oli samping ?  Hal ini dikarenakan tiak Produsen memiliki standard berbeda dan Memiliki lapisan Film yang berbeda beda.
5. Untuk Pemakaian harian Lebih Baik Pakai Oli samping Sintetik karena Kalau Pakai Yang Full Sintetic Maka Akan berpengaruh Pada Kualitas Mesin Dalam Jangka Panjang
6. Perhatikan Bahan Pembuatan dasar Oli Samping Motor 2 tak anda. Ada 3 jenis Bahan untuk membuat Oli ini yaitu Bahan air, Bahan Semi sintetik dan Bahan Full sintetik. Untuk Pemakaian Normal Oli samping berbahan Semi sintetik sudah Cukup Baik Namun Kalau misalkan Anda Pecinta Kualitas dan Ingin mendapatkan Tarikan Yang Mantap Untuk racing silakan Pakai Oli Yang Full Sintetik

Kesimpulan Bagaimana Cara Memilih Oli Samping Yang Terbaik :

Secara Mudah saya Berikan Standard minimal Untuk Motor Harian Sebaiknya Pakai Oli samping yang berstandard JASO : FC , ISO - L- EGC Atau API - TC namun Kalau Punya Keuangan Longgar silakan Pakai Yang Berstandard : JASO : FC, ISO - L- EGD Atau Pakai Oli berstandard API-TD
Gimana Cukup Mudah Kan ? Tapi Pasti Sahabat MotorMobil.Org Pengin Tahu Lebih Detail Merk Oli Samping Apa saja Yang direkomendasikan Agar Mesin Motor 2 Tak Anda Semakin Baik dan Sehat ? Simak Berbagai Jenis Oli samping Yang Berkualiatas dibawah ini[/nextpage]
[nextpage title="Merk Oli Samping" ]Ada Beberapa Jenis Oli yang Bisa Sahabat Gunakan Beberapa Diantaranya adalah :

1. Oli Samping Terbaik Dari Bahan Synthetic - Racing Only

* Oli Silkolene 2T PRO2Electrosyntec 100% Synthetic Ester
* Oli Silkolene 2T Comp Plus Electrosyntec Sythentic Ester JASO FD
* Oli Shell Racing X 2T
* Oli Castrol A747 Castor
* Oli Castrol TTS 2T Full Synthetic Racing
* Oli IP Sintiax Max Competition 2T
* Oli Motul 800 Road Racing Factory Line Double Ester 100% Synthese

2. Jenis Oli samping berbahan Synthetic

* Oli Repsol 2T Syntetico API TC JASO FC
* Oli STP 2T Low Smoke Perfumed Synt JASO FC
* Oli TOP 1 2T Synthetic Low Smoke
* Oli Total 2T Hi-Perf Full Synthetic JASO FD
* Oli Vistra 2T 500 Full Synthetic JASO FC
* Oli AGIP 2T Speed Full Synthetic JASO FC
* Oli Bardahl 2T Synthetic JASO FC
* Oli Castrol Power 1 JASO FD
* Oli Gasoli 2T Super Sporty G1000 API TC
* Oli Motul 710 100% Synthese JASO FD
* Oli Motul 800 Offroad Factory Line Ester 100% Synthese
* Oli Petronas Sprinta 2T 5000 100% Synthetic JASO FC
* Oli RedMax ProBlend 2 Cycle Engine Oil JASO FD

3. Oli Samping Motor 2 T berbahan Mineral

* Oli Shell Advance SX JASO FB
* Oli Total 2T Special API TC JASO FB
* Oli AGIP 2T JASO FB
* Oli Castrol GO! 2T JASO FB
* Oli Evalube 2T API TB

4. Oli samping Motor 2 Tak Berbahan Semi Synthetic

* Oli Idemitsu Extreme Semi Synthetic JASO FC
* Oli Kawasaki Genuine Oil 2T Semi Sinthetic JASO FC
* Oli Motul 510 Technosynthese JASO FD
* Oli Nixol 2TRX Semi Synthetic JASO FC
* Oli Petronas Sprinta 2T 4000 Synthetic Blend JASO FC
* Oli Scorpion Biker 2T Smokless Perfumed Semi Synt API TC
* Oli Shell Advance VSX JASO FC
* Oli SPC 2T Special Super Perfumed API TC
* Oli SPC 2T Alpha Super Perfumed JASO FC
* Oli SPC 2T-S Perfumed JASO FC
* Oli Total 2T Grandprix API TC
* Oli Total 2T Racing API TC
* Oli Valvoline 2T API TC
* Oli AGIP City 2T JASO FC
* Oli AGIP 2T F1 Semi Synthetic JASO FC
* Oli ARAL 2T Basic Energy JASO FC
* Oli Castrol Activ 2T Low Smoke JASO FC
* Oli ELF IndoOil CX800 2T Smokeless Perfumed Semi Synt JASO FC
* Oli ELF 2T Moto Sport SP Semi Synthetic JASO FC
* Oli Eneos 2T City Semi Synt JASO FC
* Oli Fuchs Comp-2 Injector JASO FC
* Oli Gulf Power Trac 2T JASO FC
* Oli Idemitsu Racing 2T Semi Synthetic JASO FC

Semoga Penjelasan tentang Spesifikasi Oli Samping Terbaik dan Bagaimana  Cara Memilih Oli samping Terbaik Untuk Mesin Motor 2 Tak ini bermanfaat

Artikel Ayo Berbagi Solusi Lainnya :

Scroll to top